Penting! Macam-macam Tes Covid-19 ini Wajib Diketahui! Menurut SehatQ

  • 2 min read
  • Jul 04, 2021
Tes Covid-19

Saat ini, dunia tengah dikhawatirkan dengan pandemi covid-19 yang merebak hampir ke seluruh negara di belahan bumi. Covid-19 ini juga dikenal dengan virus corona, virus ini adalh virus yang menyerang sistem pernapasan dan imunitas tubuh. Infeksi akibat virus ini menyebabkan gangguan ringan pada pernapasan, infeksi paru-paru yang cukup berat, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Virus corona dapat menyebar dan menular dengan mudah. Virus yang menginfeksi manusia ini pun memiliki gejala seperti demam tinggi, batuk kering, sesak napas, kelelahan, nyeri pada dada, dan lain-lain. Untuk menentukan seseorang terinfeksi atau tidaknya seseorang, maka diperlukan tes covid-19 untuk memastikan hal itu.

Macam-macam Tes Covid-19

Ada beberapa tes untuk mendeteksi virus ini pada tubuh manusia. Tentunya hal ini sangat perlu untuk Anda ketahui, karena setiap tes covid-19 yang ada jelas memiliki perbedaan. Berikut ini adalah tes yang dapat mendeteksi covid-19.

1. Tes Rapid

Tes covid-19 yang pertama ada tes rapid. Tes rapid kerap digunakan banyak orang dari awal covid-19 masuk ke Indonesia. Sesuai namanya, hasil tes ini bisa Anda dapatkan dalam hitungan jam. Tes rapid sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.

a. Tes Rapid Antigen

Antigen adalah suatu zat atau benda asing semacam virus, racun, dan kuman yang dapat masuk ke tubuh. Sebagian antigen dianggap cukup berbahaya bagi tubuh, sehingga memicu imunitas tubuh untuk membentuk zat kekebalan tubuh atau antibodi.

Reaksi ini merupakan suatu bentuk pertahanan alami tubuh agar mencegah terjadinya penyakit. Virus corona yang masuk ke tubuh akan terdeteksi sebagai antigen oleh sistem kekebalan tubuh. Antigen ini juga dapat dideteksi dengan melakukan tes rapid antigen.

Tes ini dilakukan dengan cara mengambil sampel lendir pada hidung ataupun tenggorokan. Menurut penelitian, tes rapid antigen ini cukup akurat untuk mendeteksi covid-19.

b. Tes Rapid Antibodi

Jenis tes covid-19 yang satu ini adalah tes yang pertama kali muncul, sayangnya tes ini memiliki tingkat akurasi yang rendah. Inilah penyebab mengapa tes rapid antibodi tidak layak digunakan untuk mendeteksi keberadaan virus di dalam tubuh.

2. Tes Polymerase Chain Reaction (PCR)

Tes ini sering disebut dengan PCR. Sampai hari ini, tes covid PCR adalah jenis tes yang paling direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) untuk mendeteksi keberadan covid-19. Tes PCR ini terbilang cukup akurat, tetapi untuk mendapatkan hasilnya, Anda perlu menunggu dari 1-7 hari setelah tes dilakukan.

Pada umumnya, tes PCR dilakukan pada orang yang mengalami gejala batuk, pilek, demam tinggi, sesak napas, khususnya pada orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien covid-19.

3. GeMose

Tes covid GeNose adalah tes yang diciptakan oleh anak bangsa yang belum lama ini keluar dan mulai digunakan di sejumlah provinsi di Indonesia. Untuk melakukan tes covid terbaru ini, Anda cukup menghembuskan napas pada alat yang bentuk tabung. Untuk mendapatkan hasilnya, Anda tak perlu menunggu lama, karena hasil tes GeNose keluar cukup cepat.

Itulah beberapa tes covid-19 yang dapat Anda lakukan untuk mendeteksi keberadaan covid-19. Di musim pandemi saat ini kesehatan adalah hal terpenting. Sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan sendiri dan bersama memutus rantai covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dan tetap di rumah untuk sementara.

Jika Anda mengalami gejala covid-19, segeralah ke rumah sakit terdekat untuk melakukan tes atau Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu bersama dokter-dokter berpengalaman di SehatQ. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengenal covid-19 dengan membaca artikel-artikel yang diterbitkan di laman kami.