Langkah Merawat Luka Operasi di Rumah Pasca Caesar, Seperti Apa?

  • 2 min read
  • Jan 25, 2021
Merawat Luka Operasi di Rumah Pasca Caesar

Ada begitu banyak alasan yang membuat bumil tidak mampu melahirkan bayinya secara normal. Mulai dari posisi bayi yang sungsang sampai dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Hal inilah yang membuat dokter menganjurkan wanita hamil tersebut untuk menjalani operasi caesar untuk menunjang proses kelahiran buah hati mereka. Prosedur melahirkan secara caesar ini bisa dikatakan jauh lebih mudah dan juga cepat. Hanya saja resikonya wanita pasti akan memiliki luka bekas operasi tersebut. Membutuhkan waktu yang cukup lama juga bagi luka tersebut untuk bisa sembuh.

Banyak juga hal-hal yang patutnya dipersiapkan ketika Anda ingin menjalani prosedur operasi ini. termasuk diantaranya adalah pemilihan rumah sakit dan juga tarif yang harus dibayarkan. Mengingat setiap rumah sakit memang memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait dengan hal ini. Biasanya tak membutuhkan waktu yang lama, pasca menjalani operasi maka nantinya Anda sudah bisa pulang ke rumah. Namun tetap harus melakukan perawatan pada luka operasi ini secara tepat selama berada di rumah.

Berikut ini diantaranya beberapa tips perawatan luka operasi saat berada di rumah, khususnya adalah pasca operasi caesar, yaitu:

  1. Bersihkan area luka sayatan tersebut secara teratur, menjaga luka agar tetap bersih merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. bukan tanpa alasan, melainkan hal ini ditujukan agar nantinya luka tidak sampai mengalami infeksi. Infeksi ini nantinya hanya akan membuat proses penyembuhan luka berjalan lebih lama. Membersihkan area luka ini juga ada prosedurnya, diantaranya adalah dengan menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air bersih, lakukan secara lembut dan perlahan, sehingga tidak membuat luka bertambah besar.
  2. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman, hendaknya Anda juga harus memperhatikan pakaian yang digunakan. Karena pemilihan pakaian yang salah hanya akan membuat luka menjadi tertekan. Akibatnya Anda juga merasa kurang nyaman saat beraktivitas. Untuk itu pastikan pakaian yang digunakan tersebut longgar.
  3. Menghindari aktivitas fisik yang besar, selanjutnya Anda juga tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat. Karena hal ini hanya akan membuat proses pemulihan luka berlangsung lebih lama. Sebaiknya tidak mengangkat barang-barang yang berat dan hindari berolahraga terlebih dahulu. Perbanyak istirahat di rumah untuk mempercepat proses penyembuhan luka.
  4. Konsumsi obat secara teratur, selama beberapa hari pertama nantinya Anda mungkin akan merasakan nyeri pada area sayatan tersebut. Sehingga bisa mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter. Biasanya adalah obat pereda nyeri dan jenis antibiotik yang mampu untuk mencegah terjadinya infeksi.
  5. Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi, sebaliknya Anda harus menghindari junk food. Karena bagaimanapun makanan semacam ini hanya akan membuat kondisi luka semakin sulit untuk sembuh. Perhatikan juga cara Anda dalam memasak makanan, sehingga tidak merusak kandungan gizi yang ada didalamnya.

Itulah setidaknya beberapa langkah perawatan luka operasi di rumah. Pastikan juga Anda kontrol ke dokter sesuai dengan jadwal yang dianjurkan. Hingga nantinya luka tersebut benar-benar sembuh dan sudah bisa beraktivitas seperti sedia kala. Dengan perawatan yang tepat nantinya luka akan lebih cepat sembuh, begitu juga untuk bekas yang ditinggalkan dari sayatan tersebut, tidak akan terlalu tampak. Meskipun mungkin juga tidak akan hilang sepenuhnya.