Tips Meminimalisir Resiko Infeksi Pada Luka Pasca Operasi

  • 2 min read
  • Jan 03, 2020
Tips Meminimalisir Resiko Infeksi Pada Luka Pasca Operasi

Luka operasi adalah luka yang dibuat oleh dokter bedah menggunakan pisau bedah dalam prosedur operasi. Ukuran sayatan operasi tentunya berbeda-beda, tergantung dengan jenis operasi dan juga bagian tubuh yang dioperasi. Pasca dilakukan prosedur operasi, luka bekas operasi akan ditutup dengan jahitan atau dalam beberapa kondisi sengaja hanya ditutup dengan perban agar proses menyembuhan lebih cepat.

Setiap luka operasi memiliki resiko terjadinya infeksi. Hal ini dikarenakan bakteri yang bisa menginfeksi luka terdapat di banyak tempat, mulai dari pada kulit anggota tubuh pasien sampai dengan lingkungan sekitarnya. Jika luka pasca operasi tidak dirawat dengan baik, tentunya resiko terjadinya infeksi semakin besar.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terjadinya infeksi pada luka operasi:

  1. Sebelum melakukan operasi, mandilah dengan air biasa dan sabun. Jika diperlukan juga gunakan cairan antibekteri
  2. Gunakan pakaian khusus sebelum masuk ke ruang operasi dan lepas seluruh perhiasan atau aksesoris yang menempel di tubuh
  3. Pasca operasi, jaga luka sayatan selalu tertutup dengan perban atau kasa dan sejenisnya. Selain itu juga pastikan daerah pada sekitar luka selalu dalam keadaan bersih. Umumnya, pasien baru diperbolehkan mandi dua hari pasca operasi
  4. Saat sudah diperbolehkan pulang, rawat dengan baik luka operasi dengan mengganti perban secara berkala agar selalu bersih. Dalam hal ini, tanyakan kepada dokter ataupun perawat mengenai langkah terbaik untuk mengganti perban.
  5. Hindari menyentuh secara langsung luka operasi ataupun terlalu sering menyentuh perban. Saat melakukan penggantian perban sendiri, pastikan tangan telah bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun.
  6. Apabila mengetahui di area luka sayatan operasi terdapat warna kemerahan ataupun bintik merak atau adanya rasa sakit, segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  7. Biasakan hidup sehat, termasuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terjadinya infeksi pada luka operasi. Anda juga bisa mencari tahu lebih banyak lagi informasi kesehatan terkait luka setelah operasi di www.guesehat.com. Selain itu juga tentu di guesehat.com masih banyak lagi informasi kesehatan yang lain dan bermanfaat untuk menjalankan pola hidup sehat.