Metrik atau Indikator SEO adalah hal-hal yang dievaluasi Google untuk memutuskan apakah halaman situs web layak mendapat peringkat teratas di SERP atau tidak. Ini berarti bahwa indikator SEO adalah hal yang perlu Anda kerjakan saat mengoptimalkan situs web Anda. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah indikator SEO teratas:
Factor Domain
Domain adalah alamat situs web. Misalnya: www.Seodigital.co.id. Sedangkan faktor domain adalah hal-hal yang berkaitan dengan domain yang mempengaruhi kinerja SEO Anda. Memangnya apa saja faktor domain yang menjadi indikator SEO? Ini jawabannya:
- Ejaannya jelas dan mudah diketik. Dengan ejaan yang sederhana, nama domain akan lebih mudah diketik oleh publik dan mengurangi risiko salah ketik.
- Domain yang panjang akan terlalu rumit untuk dipahami oleh Google dan publik. Seperti www.Seodigitaljasabacklink.com
- Usia domain. Pada kenyataannya, usia domain tidak terlalu mempengaruhi SEO. Namun, semakin Anda mengoptimalkan situs web Anda daripada sebelumnya, semakin banyak SEO yang akan meningkatkan
- Riwayat domain. Jika Anda membeli domain yang sudah pernah digunakan dan memiliki history yang buruk (banyak aktivitas spam), maka akan berpengaruh nyata pada kinerja SEO.
Kesimpulannya, faktor domain merupakan indikator SEO yang penting untuk diperhatikan untuk mendapatkan domain yang terjamin.
2. Desain dan Struktur Situs Websitenya
Dalam pembahasan teknis SEO, sekilas Anda sudah mengetahui pentingnya struktur situs web, yaitu: memaksimalkan kinerja situs web dan memungkinkan Google untuk lebih memahami konteks situs. , struktur situs web adalah tata letak halaman-halaman penting situs web, termasuk elemen-elemennya, seperti tata letak konten, navigasi, tautan dan tata letak konten, dll.
Baca juga di website Seodigital.co.id untuk bonus data tentang Jasa Backlink dan lain-lainnya.
Bukan sembarang perintah, struktur situs harus dioptimalkan untuk SEO. Ini berarti website Anda harus:
- Simple Form
- Responsive/mobile friendly.
Dengan memenuhi semua kriteria untuk situs web yang SEOfriendly, Google akan menganggap situs Anda sebagai pengalaman pengguna yang baik dan layak untuk disajikan kepada publik.
3. Keamanan Situs Website ( TLS/SSL)
Sejak tahun 2014, Google lebih menyukai situs yang aman untuk umum. Cara Google mengenali keamanan situs adalah dengan melihat apakah SSL/TLS terpasang di situs atau tidak. Sebagai informasi, SSL/TLS adalah protokol keamanan untuk melindungi semua aliran data di website. Website yang memasang SSL/TLS harus memiliki tanda gembok pada URL di address bar.
Lalu bagaimana caranya agar website Anda memiliki SSL/TLS?
Jika Anda mendaftar hosting Seodigital.co.id, Anda akan menerima SSL gratis yang berlaku selamanya. Tetapi jika Anda ingin mencoba SSL berbayar yang kompatibel dengan browser yang berbeda, Anda juga dapat menggunakan Comodo Positive SSL.
4. Kecepatan Situs Web
Sejak 2018, Google telah menetapkan kecepatan memuat situs web (di komputer, ponsel, tablet) sebagai salah satu metrik utama SEO. Setidaknya, kecepatan situs web terbaik menurut Google adalah sekitar dua detik. imajinasi, kira-kira seperti ini kisaran kecepatan situs:
- Sangat cepat: 1 detik
- Cepat: 2 detik
- Buruk: 2 hingga 3 detik
- Lambat: 3 hingga 4
- detik Sangat lambat: lebih dari 4 detik
konsekuensi jika kecepatan website terlalu cepat atau lambat?
Bahkan, publik tidak sabar, tidak akan ragu untuk mencari situs lain daripada menunggu terlalu lama hingga halaman web selesai dimuat.
Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan website Anda adalah dengan memilih hosting yang menggunakan server terbaik. Litespeed misalnya. Ini adalah server web dengan kinerja 50% lebih cepat daripada server lain.
Untungnya hosting Seodigital.co.id sudah menggunakan LiteSpeed untuk memaksimalkan kinerja web kliennya, jadi tidak perlu khawatir website sering lemot.
5. Menggunakan Kata Kunci
Tentu Anda sudah tahu bahwa kata kunci adalah indikator SEO yang cukup mudah, karena memasukkan kata kunci ke Google membantu audiens menemukan situs web Anda, pemula atau pakar Jasa SEO memilih kata kunci yang memiliki volume tinggi. Karena volume yang besar mencerminkan banyaknya khalayak yang mencari informasi dengan kata kunci tersebut.
Sayangnya, persaingan untuk kata kunci volume tinggi cukup ketat, terutama untuk situs web yang baru diterbitkan yang hilang karena situs yang sudah memiliki lalu lintas. Tidak sinonim, kata kunci LSI adalah istilah atau kata yang dianggap relevan secara semantik oleh mesin pencari. LSI, konten yang lebih informatif.
Selanjutnya, Long-tail Keywords Long-tail keywords merupakan kata kunci spesifik yang umumnya cenderung rendah dalam persaingan. Tetapi bahkan jika volumenya rendah, itu tidak berarti bahwa tidak ada yang mencarinya, jadi kata kunci ekor panjang memungkinkan Anda memenangkan persaingan dari Google dengan menjawab pertanyaan spesifik dari audiens Anda juga.
Kesimpulannya, mendapatkan kata kunci yang tepat lebih mudah nanti.