Ciri-Ciri Bibit Cabe Rawit yang Berkualitas Unggul

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021

Dalam memilih bibit atau benih cabe rawit yang baik maka diperlukan untuk mengetahui cara membudidayakan tanaman tanaman cabe rawit. Hal ini harus dilakukan dengan cermat, agar mendapatkan bibit cabe rawit dengan kualitas yang baik, selain itu perawatan cabe rawit harus dilakukan dengan benar dan tepat.

Bibit cabe rawit yang hendak ditanam dapat Anda peroleh di toko atau kios pertanian terdekat. Walau jumlah bibitnya banyak, sebaiknya Anda harus mengetahui ciri-ciri bibit cabe rawit dengan kualitas unggul agar menghasilkan kualitas cabe rawit yang bagus, berikut merupakan ciri-ciri bibit cabe rawit yang berkualitas unggul.

Ciri-Ciri Bibit Cabe Rawit yang Berkualitas Unggul

  1. Proses Pertumbuhan yang Terjadi Seragam dan Serentak

Salah satu ciri cabe rawit berkualitas unggul yaitu dapat Anda lihat ketika benih sudah ditanam, bibit-bibit cabe yang berkualitas akan memiliki pertumbuhan yang seragam dan serentak dalam sekali semai.

Salah satu contoh yang dapat Anda amati yaitu tinggi dari tanaman cabai , jika tinggi satu tanaman cabe tersebut berukuran sekitar 16 sentimeter, maka tanaman cabai lainnya pun memiliki tinggi dengan nilai yang hampir sama.

  1. Bertahan Hidup dalam Perubahan Iklim yang Cukup Ekstrim

Salah satu cara dalam memilih bibit atau benih cabe rawit yang baik untuk ditanam yaitu berkaitan dengan iklim di daerah cabai tumbuh. Perubahan iklim yang tak menentu dapat mempengaruhi pertumbuhan cabai

Namun, cabai yang dihasilkan dari bibit yang unggul biasanya dapat bertahan pada kondisi iklim dan cuaca yang berubah-ubah, sehingga hasil panen pun dapat tetap terjamin.

  1. Bibit yang Mampu Tumbuh dengan Cepat

Pertumbuhan cabe rawit dari bibit yang berkualitas pun relatif lebih cepat dibandingkan bibit cabe rawit biasa. Perkecembahan dan kecepatan tumbuh kembang cabe rawit ini tidak terlepas dari perawatan tanaman yang dilakukan oleh Anda.

Jika pertumbuhan tanaman cabe rawit ini tidak diiringi dengan perawatan yang baik, maka cabai yang ditanam dari benih unggul tidak dapat memberikan hasil yang maksimal. Selain itu, cabe rawit ini akan rentan terkena hama dan penyakit.

  1. Bertahan Hidup Walaupun Berbeda Media

Cabe rawit yang tumbuh dari bibit dengan kualitas biasa tidak dapat bertahan lama sehingga akan lebih mudah mati. Namun, cabai yang dihasilkan dari bibit unggul akan mampu beradaptasi dan berkembang secara sempurna.

Selain itu, sebaiknya Anda harus mengetahui cara memilih media penyemaian bibit atau benih cabe rawit yang baik  agar dapat memberikan media yang sesuai dengan cabe rawit yang akan dipindahkan.

  1. Tidak Rentan Terserang Hama dan Penyakit

Bibit dengan label tanaman bebas penyakit biasanya berbentuk dari bibit yang mengalami perkembangbiakan secara cangkok, hasil okulasi, stek batang dan hasil persilangan.

Sehingga jika Anda hendak membeli tanaman cabe rawit dengan bibit unggul, sebaiknya periksa terlebih dahulu kelengkapan dari tanaman cabai tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu batang yang tebal, bentuk daun, akar lebat, hingga media yang digunakan dalam menanam cabai tersebut.

  1. Hasil Panen yang Didapatkan Tinggi

Ciri cabe rawit dengan kualitas unggul  yang dapat Anda ketahui yaitu dari tingkat produktivitas hasil panennya. Anda dapat mengamati riwayat pemanenan sebelumnya.

Hal ini terjadi karena jumlah panen yang dihasilkan sangat menentukan kualitas dari bibit tanaman yang bersangkutan. Jika riwayat yang dihasilkan bagus dan tepercaya, maka Anda dapat menggunakan bibit tersebut untuk budidaya cabai.

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri bibit cabe rawit yang berkualitas unggul. Semoga dengan adanya informasi ini dapat meningkatkan dan menambah wawasan Anda serta semoga bermanfaat untuk banyak orang.