Apakah “Kacamata Bayi” Hanyalah Iseng Saja atau Apakah Bayi Benar-benar Membutuhkan Kacamata Hitam

  • 2 min read
  • Mar 12, 2020
kacamata bayi

Ya, Anda harus melindungi mata bayi dari sinar matahari dengan kacamata bayi hitam yang memberikan perlindungan UV 100 persen. Kerusakan jangka panjang pada mata kita akibat sinar UV berhubungan dengan paparan kumulatif seberapa banyak mata kita terpapar sinar matahari dan sumber radiasi UV lainnya selama hidup kita. Jadi, mulai melindungi mata anak anda dari sinar UV sedini mungkin adalah ide yang bagus. Pastikan bayi anda menggunakan kacamata hitam yang menghalangi 100 persen UV dan juga melindungi matanya dari cahaya biru yang terlihat berenergi tinggi dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula di kemudian hari yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

Juga kacamata hitam bayi harus mencakup lensa polikarbonat ringan untuk kenyamanan dan ketahanan benturan yang unggul.Untuk melindungi kulit wajah halus anak Anda dari sinar matahari, ada baiknya juga membeli topi matahari dengan pinggiran lebar untuk dipakai bayi di luar ruangan. Tentu lebih baik aman daripada menyesal jika menyangkut kesehatan mata – bahkan jika imbalan membeli kacamata hitam bayi untuk anak Anda mungkin tidak terlihat selama beberapa dekade mendatang. Pastikan untuk mengunjungi ahli kacamata berpengetahuan yang memiliki pengalaman memasang kacamata hitam pada bayi untuk kenyamanan dan ukuran terbaik.

Apakah Anak-Anak dan Bayi Membutuhkan Kacamata Hitam? Jawaban singkatnya adalah ya. Karena kornea, lensa, dan cairan di mata anak-anak Dan bayi jauh lebih jelas dari pada di mata orang dewasa, cahaya gelombang pendek (seperti sinar ultraviolet yang berbahaya) dapat lebih mudah mencapai dan merusak retina. Tambahkan ke fakta ini bahwa semakin muda kita semakin besar kemungkinan kita untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar (para ahli memperkirakan bahwa antara 60-80% paparan sinar matahari dalam kehidupan seseorang terjadi sebelum usia 18 tahun), dan jawabannya menjadi lebih merata.

Lebih jelas ya. Tetapi ini sering lebih mudah diucapkan dari pada dilakukan. Banyak bayi akan berusaha melepas kacamata hitam begitu anda memakainya. Jika mereka melakukannya, Anda tidak perlu khawatir karenanya. Anda bisa mengenakan topi bertepi lebar pada bayi Anda. Tetapi sebelum Anda melakukannya, pastikan untuk memeriksa kacamata bayi khusus. Kacamata hitam ini memiliki pita elastis yang mengelilingi kepala bayi anda; membuatnya lebih sulit bagi bayi anda untuk melepas kacamata bayi hitam ini.

Memilih Sepasang Kacamata Hitam yang Tepat Ketika pergi ke took kacamata hitam (untuk anak-anak, dan juga orang dewasa), kualitas lensa sangat penting. Pastikan kacamata memenuhi persyaratan ANSI (American National Standards Institute), dan label tersebut dengan jelas menyatakan bahwa mereka memblokir penyerapan UV hingga 400 nm (nanometer), atau 99 hingga 100 persen dari sinar UVA dan UVB. Perlu diingat bahwa tidak masalah seberapa terang atau gelap kacamata hitam itu. Lensa memiliki bahan kimia di dalamnya yang menghalangi sinar ultraviolet. Akhirnya, pastikan anda membeli kacamata bayi hitam dari sumber yang memiliki reputasi baik. Setiap pasangan yang dilabeli dengan tepat di toko mapan atau online harus baik-baik saja, tetapi menjauhlah dari pedagang kaki lima ketika datang ke kacamata hitam. Jangan lupa bahwa bayi anda juga membutuhkan kacamata hitam. Sebagian besar bayi dan anak-anak berada di luar bermain di bawah sinar matahari selama berjam-jam sebelum mereka masuk sekolah dan sekali lagi di malam hari dan di akhir pekan.