Kredit Yamaha Lexi – Skutik alias skuter matic, adalah pilihan yang praktis untuk sebagian masyarakat Indonesia masa kini. Motor tanpa persneling ini memang cocok digunakan untuk membelah kemacetan kota dan kondisi rawan macet lainnya.
Namun, pilihan yang beragam, spesifikasi dan fitur serta desain yang beragam, kerap kali membuat konsumen kebingungan memilih skutik idaman. Sebagai salah satu acuan referensi dan pertimbangan, berikut adalah review skutik yang rilis awal tahun 2018 silam, yakni Yamaha Lexi.
Sisi Desain dari Yamaha Lexi
Kelebihan
Bagi Anda yang belum familiar dengan Yamaha Lexi, motor ini rilis pada awal tahun 2018 lalu. Jika menilik dari ukuran body, mengingatkan kita kepada Yamaha Nmax. Dengan porsi bodi yang bongsor, membuatnya sangat rileks untuk dikendarai. Di pijakan bagian kanan, memiliki ruang yang cukup luas untuk meregangkan kaki, sehingga nyaman untuk touring jarak jauh sekalipun.
Jarak sumbu roda juga panjang, kemampuan di tikungan juga sangat layak diacungi jempol. Tampilan yang elegan dengan lekuk bodi yang tidak terlalu tajam dan tanpa grafik, serta pilihan warna yang tidak terlalu mengkilap. Pilihan warnanya antara lain Bronze, Matte Grey, Matte Blue, dan Matte Red
Kekurangan
Bobot motor lexi yakni seberat 113 kg. jok lexy juga juga cukup tinggi dengan spesifikasi 769mm. Mungkin kurang cocok untuk Anda yang memiliki tinggi 168 cm kebawah, kaki akan sulit menapak ke aspal. Akan sedikit mengurangi kepercayaan diri Anda saat berkendara.
Sisi Fitur Yamaha Lexi
Kelebihan
Lexi S, yang merupakan varian tertinggi dari Yamaha Lexy memiliki fitur yang sangat lengkap, meliputi:
- Panel digital instrument yang cukup besar
- Lampu depan LED
- Suspensi belakang jenis tabung
- Charger HP
- Fitur keyless (kunci motor diganti dengan knop dan remot pintar
- Answer back system
Kekurangan
Bagasi kecil dan tidak muat helm
Sisi Performa Yamaha Lexi
Kapasitas mesin lexi adalah 125cc. bisa menghantarkan torsi 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,7 Tk pada 8.000 rpm. namun, Lexi S punya teknologi katup variable (VVA). Guna VVA memaksimalkan performa di setiap rentang putaran mesin. Membuat napas Lexi seperti tidak habis-habis. Tenaganya ada terus ketika tuas gas diputar.
Spesifikasi Lengkap Yamaha Lexi
Jenis Mesin | Liquid Cooled 4-stroke, SOHC |
Silinder | Single Cylinder |
Jenis Transmisi | V-belt automatic |
Jenis Kopling | Dry, Centrifugal Automatic |
Fuel System | Fuel Injection |
Kapasitas Oli Mesin | Total = 1.00 L ; Berkala = 0.90 L |
Pelumasan Sistem | Wet Sump |
Sistem Starter | Electric starter |
Torsi Maksimum | 11.3 Nm / 7000 rpm |
Daya Maksimum | 8.75 kW / 8000 rpm |
Volume Silinder | 124.7 cc |
Perbandingan Kompresi | 11.2±0.4 |
Diameter x Langkah | 52 x 58.7 mm |
Jenis Mesin | Liquid Cooled 4-stroke, SOHC |
Silinder | Single Cylinder |
P X L X T | 1970 mm x 720 mm x 1135 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1350 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 133 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 785 mm |
Berat Isi | 112 kg |
Kapasitas Tanki Bensin | 4,2 L |
Tipe Rangka | Underbone |
Suspensi Depan | Telescopic Fork |
Tipe Suspensi Belakang | Unit Swing |
Tipe Ban | Tubeless |
Ban Depan | 90/90-14M/C 46P |
Ban Belakang | 100/90-14M/C 57P |
Rem Depan | Disc |
Rem Belakang | Drum |
Sistem Pengapian | TCI |
Tipe Battery | YTZ7V |
Tipe Busi | CPR8EA-9 / U24EPR-9 |